Minggu, 15 November 2009

PROGRAM PENYLUHAN PASIEN


Fungsi program penyuluhan pasien merupakan hal yang amat penting dan menjadi bagian dari tugas utama dari petugas di klinik antenatal serta staf medis di kamar bersalin, ahli obstetri dan ahli anaesthesi.

Pasien hamil menghendaki panduan dan informasi mengenai masalah-masalah antenatal yang normal ataupun tak normal dan apa yang mungkin terjadi pada periode antenatal, persalinan dan pasca persalinan kelak.

Pengetahuan yang diperoleh dan kesempatan untuk membahas masalah kehamilan akan menyebabkan persepsi positif dari seorang ibu hamil terhadap kehamilannya.

Penyuluhan kesehatan pada primigravida meliputi pengetahuan tentang nutrisi ibu hamil, perawatan gigi, menghentikan kebiasan merokok atau minum alkohol, proses kehamilan dan persalinan yang normal.

Materi penyuluhan yang dapat diberikan pada multigravida adalah berupa pengingatan kembali mengenai penyuluhan yang pernah diberikan pada kehamilan sebelumnya.

Kunjungan ke kamar bersalin dapat ditawarkan pada ibu hamil dengan harapan agar mereka menjadi terbiasa dengan suasana kamar bersalin setelah berkenalan dengan para staf yang bekerja di kamar bersalin.

Penyuluhan mengenai analgesia saat persalinan dapat diberikan pada ibu hamil sehingga mereka dapat membuat “informed decision” sesuai dengan apa yang telah mereka ketahui.

Pembentukan kelas penyuluhan pada kelompok khusus misalnya pada kelompok ibu dengan kehamilan kembar atau kehamilan remaja saat ini menjadi sangat populer. Melalui kelas khusus ini dapat dilakukan pembahasan serta penyuluhan khusus atas dasar pengalaman para peserta.

0 komentar:

Posting Komentar